2016/09/02

Me-Nonaktifkan Service atau Layanan yang Jarang Digunakan pada PC atau Laptop

Dalam komputer kita terdapat banyak sekali service atau layanan yang berjalan. Layanan-layanan tersebut memiliki fungsi masing-masing guna menunjang pekerjaan kita. Service atau layanan yang berjalan di komputer dapat dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu:

Layanan yang berjalan saat kita menjalankan aplikasi tertentu. Layanan ini dapat terlihat dengan jelas dari desktop. Misalnya saat kita menjalankan Microsoft word maka layanan Microsoft Office Word juga akan berjalan dan terlihat dari desktop.

Layanan yang dijalankan secara otomatis oleh sistem. Layanan ini tidak dapat terlihat secara langsung dari desktop karena berjalan di background. Biasanya Layanan-layanan ini berjalan saat komputer mulai dinyalakan atau saat kita menjalankan aplikasi yang memerlukan layanan tersebut. Misalnya saat kita menyalakan laptop maka layanan audio juga akan otomatis berjalan atau saat kita menjalankan Ms Word, lalu melakukan print, maka layanan print spooler akan otomatis berjalan.
 
Meskipun layanan tersebut memiliki fungsi masing-masing, namun terkadang kita ingin menghetikannya. Misalnya saja jika komputer kita tidak pernah terhubung ke jaringan internet. Kita dapat menghentikan semua process yang berkaitan dengan jaringan internet. Kita tak perlu khawatir jika sewaktu-waktu ingin menggunakan internet maka kita dapat menghidupkannya kembali.

Manfaat dari Menonaktifkan Layanan yang Jarang Digunakan
  1. Mempercepat proses startup komputer. Saat komputer dihidupkan akan memerlukan waktu loading untuk menghidupkan semua layanan yang berjalan di background. Semakin sedikit layanan yang coba dijalankan maka semakin cepat proses loadingnya. Sehingga menonaktifkan beberapa layanan yang jarang digunakan akan mempercepat proses startup komputer.
  2. Mengurangi beban memory (RAM). Setiap layanan yang berjalan akan menggunakan beberapa ruang memory. Sehingga menonaktifkan beberapa layanan yang jarang digunakan akan memberikan ruang lebih di memory yang dapat meningkatkan performa komputer untuk menjalankan aplikasi lainnya.
Cara Menonaktifkan Layanan atau Service yang Jarang Digunakan
  • Klik menu Start
  • Ketikan Service, pada kolom search
  • Klik Service
  • Maka akan muncul jendela Service seperti berikut
Kita dapat melihat semua service yang berjalan dibackground komputer kita. Service yang sedang berjalan ditandai dengan status started.

Untuk menghentikan service yang sedang berjalan caranya adalah sebagai berikut:
  • Klik kanan pada salah satu service atau layanan yang ingin dimatikan.
  • Klik Properties
  • Lalu akan terbuka jendela baru
  • Pada jendela baru, klik Stop untuk menghentikan layanannya
  • Ubah Startup Type. Untuk mengatur bagaimana layanan tersebut berjalan.
    Automatic (Delayed start) : Berarti layanan tersebut akan berjalan beberapa menit setelah pc atau laptop kita dihidupkan.
    Automatic : Berarti layanan tersebut akan otomatis berjalan saat pc atau laptop kita dihidupkan
    Manual : Berarti layanan tersebut tidak akan otomatis berjalan saat pc atau laptop kita dihidupkan. Namun layanan tersebut akan berjalan jika kita menjalankan aplikasi yang memerlukan layanan tersebut.
    Disabled : Berarti layanan tersebut akan dinonaktifkan dan akan berjalan kembali jika kita merubah startup typenya
  • Selesai.
Catatan:
  • Sebaiknya backup terlebih dahulu daftar layanan/service di komputer anda sebelum melakukan praktek. Caranya klik Export List pada bagian kiri atas > Lalu Save
  • Jangan men-disabled service yang penting karena akan mengakibatkan ganggunan pada system windows.
  • Sebaiknya cari terlebih dahulu referensi tentang layanan/service yang aman untuk dimatikan.

0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net